Monday, October 22, 2012

ISU GEMPA DI JEPANG


Isu Gempa di JEPANG 8.9 SR

Muncul isu telah terjadi gempa bumi 8.9 skala Ricter di Jepang Utara. Korban tewas disebutkan sebanyak 64.000 orang. Tsunami setinggi 10 meter mengarah ke Rusia dan Asia Pacific, termasuk Indonesia.

Disebutkan pula, BMKG menyatakan gelombang Tsunami diperkirakan akan sampai di wilayah Indonesia timur pada pukul 20.00 WIT. "Ini berita yang tidak benar. Masyarakat diminta tidak percaya, tidak panik, dan jangan meneruskan berita bohong tersebut. Itu hanya Hoax," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (6/7).

Posko BNPB telah mengecek ke semua institusi ternama yang kompeten dengan gempa bumi seperti USGS, BMKG, PDC dan lain, ternyata tidak ada gempa tersebut. "Hari ini hanya ada gempa 6,3 SR di 53 km dari Timur Laut Vanuatu di Samudera Pasifik pada 6 Juli 2012 pukul 09.28 Wib, yang tidak menimbulkan Tsunami dan tidak ada korban," ujarnya.

Berita yang beredar tersebut diduga adalah berita saat gempa bumi di Sendai Jepang pada 11 Maret 2011 yang lalu yang kemudian disebarluaskan orang yang tidak bertanggung jawab.(BNPB/BEY)



No comments:

Post a Comment